Kamis, 14 Juni 2012

Wow! Interior Mobil Ini Diselimuti Rotan


Zona Malam - Sepintas mobil Honda Cello tahun 1994 satu ini telrihat biasa-biasa saja. Tampilan luar hanya dipercantik dengan stiker warna emas motif batik ciri khas Dayak asal Kalimantan serta ban bergaya hellaflush.

Tapi ketika menyimak bagian dalam interior sedan satu ini memiliki ciri khas tersendiri.

Sang pemilik, Miko memperkaya seluruh tampilan interior dengan kekayaan alam seperti anyaman pandan dan kulit kayu. Cara itu untuk memperkenalkan lebih dalam lagi budaya suku Dayak asal Kalimantan.

"Aku sangat ingin memperkenalkan budaya yang ada di Indonesia," kata Miko Aditya Kristanto yang asli asal Solo itu.

"Karena kita orang Indonesia, jadi aku mau memperkenalkan budaya Indonesia terutama suku Dayak, meski aku orang Jawa. Dan untuk tampilan eksterior aku menggunakan digital printing, yang menggambarkan ciri khas dari suku Dayak," ucap Miko.

Tidak ada pelucutan komponen interior. Semuanya masih menempel dengan rapi. Hanya saja bagian interiornya dibalut dengan pelepah pisang hingga rotan.

"Untuk interior saya pilih anyaman pandan yang ditempelkan di seluruh jok, dan serat kayu di atas dashboard. Dan saya juga menggunakan pelepah pisang, lidi, serta rotan pada bagian bagasi," pungkasnya.

Rotan hampir menyelimuti semua bagian interior mobil, mulai dari doortrim, dashboard, konsole tengah, pilar A hingga ke bagian bagasi. Miko mengakui bahwa semuanya kerajinan dia dapatkan melalui home produksi swatama di Solo, dengan finishing yang menggunakan waterbase tidak menggunakan bahan kimia.

Tingkat kejelian sang pengrajin patut diacungi jempol. Soalnya untuk menyatukan antara bagian satu dan lainnya di jok, para pengrajin tidak menggunakan jahitan.

"Semua ini dibuat oleh hand made Swatama, di Solo. Karena aku benar-benar ingin menunjukkan kesan Indonesia di dalam mobil saya. Dan aku ingin menonjolkan inovasi baru dan tidak ada yang memakai selain aku. Karena aku ingin menunjukan kepada semua bahwa alam juga bisa bermanfaat untuk otomotif," ujar Miko meyakinkan.

Data modifikasi mobil kayu:
Interior serat kayu dan pandan
Pelek MAE R19
Ban Accelera Forceum
Sunroof holland
Audio box Pandan dan Rotan
Power Orion
Subwofer performance
Head unit NVIDIA
Body kit custom pelat fiber
Lampu HID
Cutting sticker digital printing
sumber : http://www.mindtalk.com/#!/post/4fd6e261f7b7303fbe00179b
Baca juga - klik di sini Pics Hot

Jangan Lupa di Like Ya Gan