Senin, 25 Juni 2012

Portugal Tidak Gentar


Zona Malam - Lonceng gereja, tak jauh dari markas tim Portugal, lantang berdentang saat para pemain Portugal memulai latihan di Lapangan Opalenica, Polandia, Minggu (24/6) pagi. Sesi itu tidak diawali pemanasan lari keliling lapangan. Mereka memasukinya langsung dengan passing bola.

Semua pemain ambil bagian, kecuali striker Helder Postiga yang cedera paha dan terpaksa absen di sisa laga Piala Eropa. Inilah bagian persiapan Portugal untuk melayani juara bertahan Spanyol dalam semifinal di Donetsk, Ukraina, Rabu (27/6).

”Kami tidak takut Spanyol. Namun, kami tak boleh membuat kesalahan karena mereka sangat kuat,” kata Joao Pereira, bek kanan Portugal, seusai latihan, kepada para wartawan, termasuk MH Samsul Hadi dari Kompas.

Spanyol lolos ke semifinal setelah memukul Perancis 2-0, Sabtu. Dua hari sebelumnya di perempat final, Portugal mengalahkan Ceko 1-0.

Di antara pemain Portugal yang berlatih ada Ricardo Quaresma dan bek Miguel Lopes yang sehari sebelumnya bentrok setelah tabrakan dalam latihan. Namun, kemarin ketegangan mencair. Semua pemain membaur. Wajah mereka ceria. ”Semua persoalan telah selesai,” kata Pereira.

Sang kapten Cristiano Ronaldo yang mengenakan sepatu merah-putih terlihat serius, tetapi sama sekali tak terlihat tegang. Saat jeda, pemain termahal sejagat raya itu tetap memainkan bola, juggling. Ronaldo tampak percaya diri setelah mengoleksi tiga gol di Piala Eropa kali ini.

Sabtu lalu, ofisial tim Portugal sempat disibukkan dengan masuknya legenda sepak bola negeri itu, Eusebio, ke Rumah Sakit Poznan, Polandia, akibat tekanan darah tinggi. Eusebio (70) selalu mendampingi dan tinggal bersama tim Portugal di Opalenica.

Sesi latihan tim Portugal hanya terbuka 15 menit bagi media. Dalam sesi latihan tertutup, Pelatih Paulo Bento diperkirakan menyiapkan strategi dan taktik. Mereka memiliki waktu istirahat lebih lama daripada Spanyol.

”Untuk bisa mengalahkan Spanyol, kami harus tampil seperti saat menghadapi tim-tim lain. Kami harus tetap menyerang,” papar Pereira. Ditambahkan, Portugal tak memerlukan bocoran informasi tentang line- up tim ”Matador”.

”Kami sudah punya semua informasi soal Spanyol. Jadi, bukan masalah bagi kami,” ujar Pereira. Di Piala Dunia 2010, Portugal tersingkir di perdelapan final setelah kalah 0-1 dari Spanyol yang kemudian menjadi juara.
sumber : Baca juga - klik di sini Pics Hot

Jangan Lupa di Like Ya Gan