Jumat, 22 Juni 2012

Jerman Melaju ke Semifinal ‎Euro 2012

Jerman menang 4-2 atas Yunani pada perempat final Piala Eropa, di Arena Gdansk, Jumat (22/6/2012) dan dengan begitu masuk semifinal, di mana mereka akan melawan Inggris atau Italia. Semifinal akan berlangsung di Stadion Nasional Warsawa, 28 Juni mendatang.

Jerman lebih dulu unggul lewat Philipp Lahm pada menit ke-39. Memanfaatkan bola kiriman Mesut Oezil, ia melepaskan tendangan kaki kanan di luar kotak penalti. Bola melesat masuk sudut kiri atas gawang, justru setelah kena sentuhan tangan Michail Sifakis.

Pada menit ke-55, Giorgos Samaras mengubah angka di papan skor menjadi 1-1. Dimitris Salpingidis menggiring bola di sektor kiri pertahanan lawan dan mengakhiri larinya dengan melepaskan umpan silang. Dalam kawalan dua pemain lawan di tengah kotak penalti, Samaras meloloskan bola ke dalam gawang Manuel Neuer.


Enam menit kemudian, Jerman kembali unggul, berkat gol Sami Khedira. Dari tengah kotak penalti, ia menembakkan bola kiriman Jerome Boateng masuk tengah atas gawang Sifakis.

Jerman mendapatkan gol ketiga dari Miroslav Klose pada menit ke-68. Dipercaya mengeksekusi tendangan bebas, Oezil mengirim bola langsung ke tengah kotak penalti, yang disundul Klose masuk gawang Yunani.

Marco Reus menjadi pencetak gol keempat pada menit ke-74. Ia menaklukkan Sifakis dengan tendangan kaki kanan dari tengah kotak penalti, memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Klose yang dimentahkan Sifakis.
Semenit menjelang injury time, Yunani mendapat hadiah penalti, karena handsball yang dilakukan Jerome Boateng dalam usaha menghalau tembakan Giorgios Fotakis. Salpingidis yang dipercaya mengeksekusi penalti, menembakkan bola masuk sudut kiri bawah gawang Neuer.
Susunan pemain
Jerman:
 1-Manuel Neuer; 14-Holger Badstuber, 5-Mats Hummels, 16-Philipp Lahm, 20-Jerome Boateng; 6-Sami Khedira, 7-Bastian Schweinsteiger; 9-Andre Schurrle (13-Thomas Muller 67), 21-Marco Reus (19-Mario Gotze 80), 8-Mesut Oezil; 11-Miroslav Klose (23-Mario Gomez 80)

Yunani: 13-Michail Sifakis; 5-Kyriakos Papadopoulos, 19-Sokratis Papastathopoulos, 3-Giorgios Tzavellas (16-Giorgios Fotakis 46), 15-Vasilis Torosidis; 2-Giannis Maniatis, 6-Grigoris Makos (9-Nikos Liberopoulos 72); 21-Kostas Katsouranis, 7-Georgios Samaras, 18-Sotiris Ninis (17-Theofanis Gekas 46); 14-Dimitris Salpingidis