Minggu, 24 Juni 2012

Italia Kalahkan Inggris Lewat Drama Adu Penalti

Italia Kalahkan Inggris Lewat Drama Adu Penalti. Pertandingan Italia vs Inggris di babak perempatfinal Piala Eropa 2012 di Olympic Stadium, Kiev, Senin (25/06/12) terpaksa harus melewati babak adu penalti. Ini menjadi pertandingan pertama di piala euro 2012 yang harus di selesaikan lewat drama adu penalti, setelah ke dua tim bermain hingga 120 menit dan skor masih 0-0. Italia menang adu penalti 4-2.

Pada pertandingan kali ini , tim Italia mampu tampil dominan dan memaksa The Three Lions lebih banyak bertahan. Inggris menurunkan duet Manchester United, Wayne Rooney dan Danny Welbeck di barisan depan. Sedangkan Italia menurunkakn striker bengalnya Mario Balotelli dan Antonio Cassano.


Dalam hal penguasaan bola Italia lebih dominan dengan 65% sedangkan Inggris 35%. Italia melakukan 26 kali tendangan kearah gawang, dan Inggris hanya 8 kali. Meski Italia unggul dalam penguasaan bola, namun Inggris punya efektifitas. Peluang demi peluang yang diciptakan Inggris tampak lebih berbahaya, Tetapi hingga turun minum skor 0-0 tak berubah.

Di babak adu penalti, Inggris sempat unggul setelah tendangan Riccardo Montolivo melenceng ke sebelah kanan penjaga gawang Joe Hart, tetapi tendangan Ashley Young hanya membentur tianga atas Gianluigi Buffon. Pada drama adu penalti pemain Juventus Gianluigi Buffon menjadi pahlawan Italia setelah menangkap tendangan penalti Ashley Cole dan Italia menjadi tim terakhir yang lolos ke semifinal Piala Eropa 2012. Italia di semifinal akan di tantang Jerman yang sudah lolos terlebih dahulu.

Algojo penendang penalti
ITALIA: Mario Balotelli (gol); Montolivo (gagal); Andrea Pirlo (gol); Nocerino (gol); Diamanti (gol)

INGGRIS: StevenGerrad (gol); Wayne Rooney (gol); Ashley Young (gagal); Ashley Cole (gagal)

Susunan Pemain
INGGRIS: Joe Hart, Joleon Lescott, John Terry, Ashley Cole, Glen Johnson, Scott Parker, Steven Gerrard, Ashley Young, James Milner, Danny Welbeck (Andy Carroll, 60'), Wayne Rooney

ITALIA: Gianluigi Buffon, Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli, Andrea Pirlo, Federico Balzaretti, Ignazio Abate, Riccardo Montolivo, Daniele De Rossi (Antonio Nocerino, 79'), Claudio Marchisio, Antonio Cassano (Alessandro Diamanti, 78'), Mario Balotelli